Tentang

Healthy & Clean Premium Laundry

Visi :

  1. Menjadi perusahaan “Jasa Laundry” yang terdepan dalam mengutamakan kesehatan dan kebersihan pada hasil akhir cucian.
  2. Menjadi pusat pelatihan dan support sytem dibidang bisnis laundry dengan system partnership.

Misi :

  1. Memberikan layanan jasa cuci yang paripurna.
  2. Proses kerja yang menjamin tidak ada kontaminasi (virus/bakteri) silang dengan cara mencuci : 1 mesin untuk 1 pelangan untuk laundry pakaian.
  3. Mengunakan cleaner berbahan dasar alami untuk sepatu dan tas sehingga tidak merusak matrial sepatu.
  4. Menggunakan air yang higienis dengan kadar PH air 7 (proses filtrasi dan sinar UV)
  5. Free Pick up & Delivery servis.
  6. Memberikan  pelatihan dan pendampingan bisnis jasa laundry.

Latar belakang

Tingginya tingkat mobilitas masyarakat kelas menengah yang bekerja dari 1 kota administratif ke kota administratif lainya dalam wilayah Jabotabek. Masyarakat/penduduk yang seperti ini biasanya berangkat kerja jam 5 pagi dan pulang jam 7 malam selama 5 hari dalam seminggu. Alasan mereka untuk bekerja ke kota lain tentunya alasan social dan ekonomi. Sehingga bagi masyarakat jabotabek yang berdomisili di wilayah penyangga seperti Bogor, Bekasi dan Tangerang menjadi hal biasa untuk mencari nafkah di kota Jakarta atau kota administrasi lainnya.

Namun demikian tingginya mobilisasi arus pekerja dari wilayah penyangga ke ibu kota memberikan dapak posistif bagi masyarakat yang lainnya . banyak bermunculan sentra-sentra ekonomi kecil mulai dari tingkat kecamatan sampai kelurahan. Pertumbuhan sentra ekonomi mikro ini memberikan dampak ekonomi karena berhasil mengerakan roda ekonomi warga setempat yang pada akhirnya mengurangi jumlah pengangguran. Banyak bisnis mikro yang berpeluang untuk tumbuh subur di lingkungan masyarakat urban ini diantaranya : warung klontong, foodcourt, tailor, warung padang, warteg, bengkel, petshop, laundry dsb.

Jasa cuci (laundry) merupakan salah satu usaha mikro yang saat ini tumbuh subur dan menjamur di mana-mana.  Karena bisnis laundry tidak memerlukan modal investasi yang banyak dan tidak memakai skill yang tinggi. Jaman dulu bisnis laundry masih mengandalkan alat sederhana dan sinar matahari. Bisnis laundry tradisional biasanya mengunakan papan pengilasan, dijemur mengunakan bantuan sinar matahari dan di setrika yang mengunakan setrika panas yang berasal dari arang. Saat ini dengan berkembangan jaman dan kemajuan teknologi Bisnis Laundry sudah mengunakan alat alat yang berbasis listrik seperti mesin cuci elektrik, mesin pengering elektrik/gas dan setrika elektrik/gas jadi sudah tidak mengandalkan tenaga matahari lagi.

Proses mencuci dalam bisnis laundry saat ini sudah semakin komplek. Karena sudah mengunakan bahan chemical seperti detergent, pewangi, pelembut dan penghilang noda. Namun sebagian besar jasa laundry saat ini khusus yang jasa kiloaan masih mencampur pakaian dari beberapa pelangan kedalam 1 mesin cuci dan air yang digunakan tidak sesuai dengan PH standar untuk bisnis laundry(yaitu PH 7). Hal ini dilakukan oleh sebagian pelaku bisnis laundry untuk menekan harga jasa cuci per kilogram.

Pekembangan informasi dan teknologi yang semakin pesat memberikan pilihan yang beragam kepada para pelangan, kepedulian akan tindakan preventif pada kesehatan dan kepedulian lingkungan di pelangan semakin meningkat. Perubahan paradigma pelangan ini harus menjadi focus utama dalam mengembangakan bisnis. Para pelaku bisnis laundry harus focus terhadap hal-hal yang menjadi focus pelangan jika bisnis mau tetap sustainable.

Para pengelola bisnis mulai mencari key factor agar bisnisnya bisa terus berlanjut. Suatu bisnis dapat terus berlanjut keberlangsunganya apabila suatu bisnis memiliki nilai keunggulan kompetitif(kompetitive advantage) dibandingakan pesaing.

Rumusan Masalah dalam Bisnis Laundry.

  1. Masih mengunakan air yang belum standar bisnis laundry, yaitu air dengan PH 7.
  2. Proses mencuci pakaian, masih mencampur pakaian dari beberapa customer kedalam 1 mesin.
  3. Chemical yang digunakan masih mengunakan chemical yang tidak ramah lingkungan karena mencari harga murah.
  4. Proses menyetrika masih mengunakan setrika elektrik, bukan uap panas/setrika gas. Sehingga akan merusak pakaian dalam jangka lama.
  5. Pelangan masih datang langsung ke toko laundry dengan membawa pakaian kotor dan mengambilnya saat pakainan sudah selesai.

Solusi Bisnis Laundry dengan keunggulan kompetitif (competitive advantage)

Kami menghadirkan “ Healty & Clean Premium Laundry” dengan Tagline “ Healthy & Clean is our priority”

Issue healthy and environment menjadi prioritas kami dalam menjalankan bisnis laundry.

  1. Air yang digunakan dalam proses cuci adalah air yang mengandung PH 7.
  2. Air difiltrasi dan di beri sinar UV untuk membunuh bakteri pada air
  3. Chemical yang digunakan adalah chemical yang ramah lingkungan.
  4. Setrika yang digunakan adalah setrika uap sehingga tidak merusak pakaian pada saat proses setrika.
  5. Proses cuci : 1 mesin untuk 1 pelangan, untuk menghindari kontaminasi silang akteri atau virus.
  6. Pick up & delivery servis. Pelangan tidak perlu datang ke pusat laundry, cukup telphon. Petugas akan mengambil pakaian kotor dan mengantar pada saat telah selesai.
  7. Order bisa melalui APP store.
Transparencies https://writemypaper4me.org color slides including get well..